Istilah PR Dalam Jual Beli Mobil Bekas, Ciri-ciri dan Tips Membeli

Istilah PR Dalam Jual Beli Mobil
Transaksi Jual Beli Mobil Bekas, Source: Istockphoto

Istilah PR Dalam Jual Beli Mobil – Beberapa orang yang ingin menjadi pelaku pada jual beli mobil bekas terkadang belum mengerti tentang istilah PR. Padahal dengan memahaminya merupakan bagian penting untuk melakukan transaksi penjualan secara aman.

Sama halnya memahami istilah dalam grup jual beli, mengetahui makna PR di transaksi penjualan mobil bekas dapat mencegah terjadinya penipuan. Selain itu hal tersebut juga bermanfaat untuk melakukan negosiasi transaksi tersebut.

Mengingat istilah PR dalam jual beli mobil bekas memang sering dipergunakan oleh para pelaku transaksi ini. Oleh karena itu dengan mengetahuinya maka transaksi penjualan ini akan berjalan lancar.

Lantas, apa sebenarnya arti dari istilah PR dalam jual beli mobil bekas? Artinya bisa dibilang mudah dipahami. Namun untuk mengetahui secara mendetail mengenai hal tersebut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Arti Istilah PR Dalam Jual Beli Mobil Bekas

Arti Istilah PR Dalam Jual Beli Mobil Bekas
Source: lifepal.co.id

Beberapa orang mungkin memiliki anggapan bahwa kepanjangan dari PR adalah Public Relations. Padahal bukan begitu artinya, sebab istilah tersebut merupakan kata yang lebih mengarah pada dunia marketing. Sedangkan PR dalam jual beli mobil bekas sudah lain lagi artinya.

Secara umum istilah PR dalam jual beli mobil bekas kepanjangannya adalah sebuah Pekerjaan Rumah. Jadi ketika sedang melakukan transaksi, kemudian mendengar kata PR dari pihak penjual. Itu artinya mobil bekas membutuhkan perhatian khusus serta servis lebih lanjut.

Perlu diketahui bahwa dalam transaksi, kalian tidak harus menunggu pihak penjual menyatakan ada pekerjaan rumah pada mobil bekas yang dijual. Namun sebagai pembeli, maka dapat menanyakannya secara langsung kepada pihak tersebut. Tentu penjual akan memberitahukannya dengan lebih spesifik.

Kesimpulannya memahami PR dalam jual beli mobil bekas merupakan faktor kunci kelancaran serta keberhasilan melakukan transaksi ini. Mengingat terkadang penjual tidak mencantumkan kekurangan pada barang yang dijualnya. Oleh karena itu ketika kalian mengetahui arti istilah PR secara mendalam, maka besar kemungkinan tidak akan mengalami kerugian secara materiil.

Ciri-ciri Mobil Bekas Ada PR

Ciri ciri Mobil Bekas Ada PR
Source: carro.id

Adapun beberapa ciri-ciri PR dalam jual beli mobil bekas di mana perlu diketahui sebagai seorang pembeli. Hal ini bertujuan guna mencegah terjadinya penipuan ketika melakukan transaksi tersebut.

Ketika sudah mengetahui berbagai ciri-ciri mobil bekas ada pekerjaan rumah, tentu membuat pembeli merasa nyaman untuk melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu ciri-ciri PR ini di antaranya:

1. Rem Berderit

Di dalam sistem pengereman mobil ada bantalan tab logam dengan bentuk lebih kecil. Apabila bagian itu hampir aus, maka akan menimbulkan bunyi berisik atau berdecit pada rem sehingga harus diganti. Jika tak segera diservis, hal ini menyebabkan kerusakan terhadap tromol atau rotor.

Suara berderit juga dapat menjadi indikator permukaan durm atau rotor rusak. Perlu diketahui bahwa mengemudi dalam keadaan sistem pengereman rusak terlalu berisiko terhadap keselamatan driver serta penumpang.

2. Knalpot Mobil Berasap

Dalam istilah PR pun terkadang ada permasalahan seperti tanda asap pada mobil bekas. Untuk hal ini memang tidak boleh diabaikan, terutama kendaraan diesel modern. Emisi asap hitam berlebihan disebabkan pembakaran bahan bakar cukup buruk karena injektor atau sistem pembuangan terjadi kerusakan.

Pada mobil bensin knalpot berasap disebabkan banyaknya bahan bakar masuk ke dalam mesin lantaran penyetelan buruk, filter udara kotor hingga sensor elektronik mengalami kerusakan.

3. Mobil Sulit Dinyalakan

Mobil bekas sulit dinyalakan juga termasuk sebagai salah satu PR di mana harus diperhatikan calon pembeli. Ketika kendaraan mengalami kesulitan untuk menyala, maka tentu perlu memperbaikinya di bengkel.

Mobil bekas sulit dinyalakan menjadi pertanda ada beberapa masalah, seperti pada baterai, starter maupun sistem pengapian. Ketika pembeli memutuskan membeli kendaraan tersebut dalam keadaan kulit dinyalakan, maka harus siap memperbaikinya.

4. Bau Bahan Bakar di Dalam Kabin

Apabila tercium bau knalpot atau asap bahan di dalam kabin, harus dilakukan penanganan lebih lanjut. Pasalnya asap knalpot mengandung karbon monoksida mematikan. Sedangkan asap bensin bisa menyebabkan terjadinya kebakaran serta risiko kesehatan.

Kondisi bau bahan bakar ini dapat disebabkan kebocoran dalam sistem pembuangan mobil. Demikian pula asap bahan bakar akan menunjukkan kebocoran terhadap sistem bahan bakar, dari tangki ke saluran bahan bakar atau pada sebuah tempat ruang mesin.

5. Akselerasi Lambat

Ciri-ciri ada PR dalam jual beli mobil selanjutnya adalah akselerasi terasa lebih lambat daripada biasanya. Hal seperti itu tentu menjadi pertanda kendaraan mengalami kondisi buruk. Akselerasi lamban, biasanya terjadi karena masalah pada busi, asupan udara maupun transmisi bahan bakar.

Akselerasi lambat adalah salah satu kendala PR di mana mudah untuk diperbaiki. Namun bila menimbulkan masalah serius bisa membutuhkan bantuan mekanik handal guna mendiagnosis serta memperbaikinya langsung.

Tips Beli Mobil Mobil Bekas Tanpa PR

Tips Beli Mobil Mobil Bekas Tanpa PR
Source: gatra.com

Melakukan transaksi jual beli mobil bekas tidak hanya semata-mata memperhatikan istilah PR saja. Namun ada faktor lain di mana perlu untuk diperhatikan, seperti mengecek status kendaraan atau melakukan test drive. Adapun sejumlah tips dapat diterapkan pada jual beli tersebut, di antaranya:

  • Cek Status kendaraan terlebih dahulu. Pastikan bahwa mobil bekas dalam kondisi terkendali serta memiliki pajak maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  • Ada baiknya kalian membeli mobil bekas langsung dari pemiliknya asli daripada lewat perantara atau dealer mobil bekas. Sebab, nantinya bisa menanyakan terkait sejarah kendaraan, pemeliharaan hingga kondisi aslinya.
  • Apabila tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang otomotif, pertimbangkan untuk menggunakan jasa inspeksi jual beli mobil bekas.
  • Perhatikan indikator panel instrumen pada mobil bekas.
  • Lakukan test drive terlebih dahulu untuk memastikan bahwa seluruh mesin dalam keadaan normal.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan secara menyeluruh mengenai istilah PR dalam jual beli mobil bekas. Setelah mengetahui artinya, diharapkan kalian dapat terhindar dari segala transaksi di mana bisa merugikan diri sendiri. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga bermanfaat bagi yang melakukan transaksi jual beli mobil bekas.

Bagikan:

Giring Rukaman

Masih menempuh pendidikan S1 Teknologi Informatika di Universitas Jendral Soedirman. Di sela-sela aktifitas saya menulis panduan sosial media serta daftar link grup whatsapp, telegram yang banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia.