30 Istilah Dalam Grup Jual Beli Online dan Artinya

Istilah Dalam Grup Jual Beli

Istilah Dalam Grup Jual Beli – Bagi kalian penghuni baru forum jual beli online pasti masih asing dengan mendengar beberapa istilah baru di dalamnya. Berkembangnya teknologi rupanya mempengaruhi cara berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Sehingga, menimbulkan kata-kata lucu dalam grup tersebut.

Akan tetapi, hadirnya istilah baru dalam grup jual beli membuat aktivitas semakin seru beberapa tahun terakhir ini. Terlebih, jika melihat komentar dengan kalimat unik antara anggota di dalam sebuah postingan barang dijual pasti banyak istilah asing bagi kalian anggota baru forum tersebut.

Mungkin, bagi anggota baru istilah dalam grup jual beli di platform manapun terlihat sepele, tetapi lama-kelamaan pasti akan ngakak ketika membaca komentar dari para anggotanya. Maka dari itu, saat kalian bergabung grup jual beli sebaiknya mengetahui beberapa istilah agar tidak bingung ketika mendapati komentar unik dari para anggota.

Tidak perlu khawatir, pada artikel ini kami akan menginformasikan beberapa istilah asing di dalam grup jual beli. Untuk mengetahui apa saja istilah yang ada di dalam forum jual beli silakan simak lebih lanjut ulasan di bawah ini.

Istilah Dalam Grup Jual Beli

Jual beli online marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia baik lewat Facebook, e-commerce, ataupun marketplace. Tak jarang, didapati barang dijual lebih murah daripada membelinya langsung di toko fisik. Jenis metode pembayarannya juga banyak seperti menggunakan, OVO, DANA, GoPay, hingga ShopeePay.

Secara tidak langsung kalian sebagai pembeli baru dalam grup jual beli pasti akan bertemu istilah maupun singkatan pada postingan produk tersebut. Berikut adalah istilah dalam grup jual beli online dan artinya.

1. COD

Istilah pertama yang sering kita dapati dalam forum jual beli yaitu COD, merupakan singkatan dari Cash On Delivery. Jika, didapati komentar COD pada suatu postingan berarti mengharuskan pertemuan antara penjual dan pembeli pada tempat sesuai dengan kesepakatan.

Kesepakatan tersebut berawal dari unggahan di forum, situs, ataupun aplikasi jual beli online. Kemudian, penjual membawa barang guna diperlihatkan kepada calon pembeli untuk memeriksa kondisinya. Jadi, COD artinya pertemuan langsung antara penjual dan calon pembeli di tempat waktu sesuai kesepakatan.

2. PO

PO atau Pre Order merupakan istilah untuk pembeli online menunggu barang dikirim ke rumah mereka beberapa hari. Dalam melakukan hal ini, calon pembeli harus membayar terlebih dahulu, baru barang akan dikirimkan.

Barang dikirim setelah siap, estimasi waktu dalam Pre Order maksimal 7 hari dihitung ketik penjual mengirimkan barang melalui jasa pengiriman. Perlu diketahui, PO diterapkan pada produk bersifat custom atau dibuat sesuai permintaan.

3. WTS

WTS atau Want To Sell, artinya seseorang ingin menjual barangnya biasanya ditemui dalam unggahan ditulis dengan tagar contohnya #WTS. Penulisan tersebut, biasanya menjadi persyaratan ketika kalian agar postingan dikonfirmasi oleh admin forum jual beli.

WTS juga berlaku dalam game online, saat akan menjual item berharga gunakan fitur chat lalu misalnya tulis “WTS Akeron+5”. Kemudian, tunggu beberapa saat calon pembeli akan bertanya dengan detail barang.

4. WTB

Sebaliknya WTB artinya Want To Buy dimana kata ini digunakan seseorang untuk mencari maupun ingin membeli suatu barang. Sama halnya dengan WTS, WTB salah satu persyaratan jika ingin thread kalian dikonfirmasi oleh admin grup jual beli.

Contohnya, jika ingin membeli Suzuki Shogun maka kalian tulis di thread yaitu “WTB Suzuki Shogun”. Kata tersebut juga bisa ditambahkan dengan spesifikasi dan deskripsi barang supaya memperjelas barang yang dibutuhkan.

5. UP

Mungkin beberapa anggota baru grup jual beli pasti asing akan kata UP. Kata ini, memang secara umum berarti naik, tetapi jika grup jual beli online di Facebook atau platform lainnya.

Istilah UP, berfungsi sebagai mendorong suatu unggahan barang agar tidak tenggelam dan tetap di posisi teratas. Sering terlihat dalam komentar, karena pendapat di jual beli bersifat menaikan postingan.

6. Ripper

Salah satu istilah penting dalam grup jual beli online yaitu Ripper artinya penipu. Akun penjual yang mempunyai riwayat tersebut akan dikeluarkan oleh admin sehingga tidak akan membuat kekacauan di forum itu lagi.

Istilah ini biasanya digunakan oleh para anggota yang mengetahui akun penjual merupakan ripper dan langsung mengomentari unggahannya. Kami sarankan ketika hendak membeli produk ataupun barang di forum jual beli manapun, lihat dulu profile sang penjual.

7. Rekber

Rekber kata yang sering disebut oleh admin grup jual beli untuk menandakan bahwa ia merupakan pihak ketiga terpercaya untuk menengahi proses transaksi antara penjual dengan pembeli. Rekber merupakan singkatan Rekening bersama, pihak netral bertanggung jawab dan menjamin keamanan suatu transaksi.

Rekber sering digunakan untuk proses jual beli yang tidak bisa melakukan COD, sehingga demi keamanan uang ataupun mendapatkan barang buruk. Maka, sebaiknya menggunakan rekber untuk jasa penengahnya.

8. Preloved

Preloved merupakan istilah grup jual beli guna menandai barang tersebut pernah dipakai sebelumnya serta berpindah tangan ke orang lain. Preloved kerap disebut sebagai barang secondhand.

Inti dari istilah ini adalah barang bekas dipakai lalu dijual kembali dalam keadaan masih layak pakai dan baik. Apabila, kalian menemui kata Preloved maka barang tersebut mempunyai berkondisi bekas, tetapi keadaan masih layak pakai.

9. Ongkir

Ongkir adalah singkatan dari Ongkos Kirim, istilah ini cukup sering terdengar dalam transaksi jual beli online. Istilah tersebut sering dicantumkan deskripsi atau detail produk guna memperjelas perbedaan harga setelah dijumlah dengan ongkos kirim.

Ongkos kirim dibebankan oleh penjual kepada calon pembeli dari transaksi jual beli di marketplace ke tempat tujuan. Perlu diketahui juga bahwa nilainya berbeda-beda bedasarkan jasa pengiriman barang.

10. OEM

OEM singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Di mana produk atau komponen yang berhasil dibuat oleh suatu perusahaan, lalu dijual oleh distributor lain. Istilah ini sering diterapkan pada barang yang dijual pada forum jual beli berfungsi menandai kualitasnya hampir sama dengan aslinya.

Sebagai contohnya, seseorang membuat thread “WTS Soundcard Steel Series OEM” berarti barang tersebut ori, tetapi sudah dijual kembali oleh pihak kedua. Jadi, OEM merupakan istilah dalam grup jual beli guna menandai barang tersebut merupakan produk yang dijual kembali oleh pihak kedua setelah perusahaan utama.

11. PCB

Singkatan PCB dalam jual beli adalah Pantau Cocok Bayar. Istilah ini kerap dimanfaatkan saat kalian menawarkan barang secara online, tetapi mengharuskan pembeli datang agar secara langsung dapat mengetahui kondisi produk.

Jadi, jika pembeli cocok setelah memantau barang tersebut barulah dilakukan sebuah transaksi. Hal ini wajib dilakukan guna menghindari salah paham mengenai kualitas barang yang dijual.

12. No Afgan

Istilah sedari dulu kerap terdengar dalam grup jual beli saat Afgan merilis lagu sadis. Maka, No Afgan artinya harga barang yang dijual jangan terlalu sadis atau mempunyai nilai tinggi sehingga sulit dibeli.

Bisa juga, penjual tidak menerima penawaran harga dengan nominal rendah dari calon pembeli. Banyak marketplace menghindari seseorang yang ingin afgan, tetap membuka harga sewajarnya saja.

13. No Rossa

Selain Afgan, penyanyi Rossa juga menjadi istilah dalam grup jual beli. Istilah No Rossa memiliki arti yaitu tega dalam menawar harga suatu produk maupun memberikan penawaran.

Intinya, no rossa bisa jabarkan menjadi 2 makna yaitu menawarkan harga suatu barang dengan tega, ataupun menawar pada produk yang dijual oleh seseorang dengan nominal rendah.

14. BU

BU merupakan singkatan dari Butuh Uang, kata ini sangat dicari oleh orang dalam grup jual beli karena sudah pasti barang yang dijual mempunyai nilai rendah. Sehingga, dapat dijual kembali dengan harga normal.

Contohnya, pada barang A terdapat deskripsi tertulis kata BU yang berarti penjual sedang butuh uang, maka dipastikan harga akan lebih murah. Namun, dengan cacatan dibalik barang terkadang mempunyai kekurangan. Untuk menghindari kualitas barang buruk, maka lebih baik PCB.

15. BT

Selain BU, singkatan dalam grup jual beli yaitu BT atau Barter istilah cukup umum dalam berbagai transaksi. Dimana, penjual menawarkan sesuatu untuk ditukarkan dengan produk yang diinginkan. Dengan catatan produk yang ditukarkan mempunyai nilai atau harga setara, sehingga tidak ada kerugian dari kedua pihak.

16. BNIB

BNIB adalah Brand New In Box merupakan istilah dalam grup jual beli mencerminkan suatu produk belum pernah terpakai serta dikemas pada kardus aslinya. Jadi, keadaan barang pada thread terjamin masih original dan tersegel rapi.

17. BNOB

Lawan dari BNIB adalah BNOB singkatan dari Brand New Open Box, yang berarti produk masih baru tetapi kardusnya telah dibuka oleh pemilik sebelumnya. Istilah ini kerap diterapkan dalam konteks penjualan produk elektronik datang dengan kemasan yang tersegel.

18. Nett

Istilah dalam grup jual beli selanjutnya yaitu Nett, dapat diartikan bahwa harga suatu produk tidak bisa ditawar. Jika kalian mendapati istilah tersebut dalam postingan produk dalam grup jual beli, maka dipastikan harganya sudah pas atau Nett.

19. PM

Istilah dalam grup jual beli yang sering terdengar salah satunya yaitu PM. PM atau Private Message kerap terlihat dalam deskripsi postingan FJB, dimana apabila pembeli berniat membeli produk tersebut maka dianjurkan untuk lanjut menggunakan fitur pesan pribadi.

20. DP

Mungkin, jarang dalam grup jual beli menggunakan istilah DP atau Down Payment. Sistem ini sering dijumpai dalam forum apabila memang harga produk atau asset cukup mahal. Jadi, membeli produk dengan harga mahal bisa dibayarkan secara dicicil dengan memberikan uang muka atau DP.

21. TS

Istilah lainnya dalam grup jual beli yaitu TS merupakan singkatan dari Thread Starter. Istilah ini sering digunakan untuk memanggil orang pertama kali membuat postingan atau promosi jualan produk dalam grup jual beli online. Inti dari istilah tersebut adalah merupakan orang pertama pembuat postingan dalam grup jual beli.

22. CP

Dalam forum jual beli istilah CP atau Contact Person sering diterapkan pada deskripsi iklan guna menghubungi pihak penjual. Pada umumnya, CP berisi nomor telepon, email, WhatsApp, Line, Telegram, Line, sampai website resmi. Jika memang kalian ingin membeli barang yang ada pada iklan tersebut, maka bisa menanyakan langsung kepada CP tertera pada deskripsi.

23. PnP

Singkatan PnP dalam grup jual beli online adalah Plug and Play, dimana merupakan penjelasan mengenai produk dijual dapat langsung digunakan ataupun dipakai. Istilah ini biasanya sering digunakan pada aset kendaraan seperti motor dan mobil.

24. Like New

Jika kalian mendapati iklan menjual produk dengan keterangan Like New, berarti kondisi barang tersebut layak seperti baru. Dari segi harga sudah pasti lebih terjangkau ketimbang produk barunya. Dengan begitu, pembeli mendapatkan keuntungan dari barang berkualitas baik.

25. Gan

Bahasa gaul dalam grup jual beli cukup sering terdengar yaitu Gan merupakan singkatan dari Agan adapun Sist atau Sister. Kedua kata tersebut guna memanggil calon pembeli sebagai juragan. Istilah ini dipakai supaya terlihat lebih dekat antara kedua pihak.

26. TT

Istilah TT merupakan singkatan dari Tukar Tambah. Artinya, kesepakatan antara kedua pihak melakukan pertukaran produk beserta uang tambahan dari pembeli. Perlu diketahui, bahwa uang tambahan tersebut digunakan sebagai nilai tambah supaya sesuai harga barang.

27. Sold

Sold merupakan kata yang sering terdengar dalam grup jual beli, dimana menyatakan status barang lampau. Artinya semula barang diberi keterangan WTS, berubah menjadi terjual atau Sold. Maka dari itu, kata sold biasa diterapkan pada produk sudah terjual.

28. Testimoni

Testimoni dalam grup jual beli online kerap digunakan sebagai informasi penilaian dari pembeli sebelumnya tentang kualitas produk tersebut. Arti lain testimoni, merupakan pernyataan dari pembeli mengenai jasa ataupun produk dijual secara online.

29. Harlok

Singkatan Harlok dalam jual beli yaitu Harga Lokasi artinya, harga produk atau jasa ditawarkan oleh penjual beserta lokasi pembelian maupun keadaan geografis. Sering diterapkan pada penjualan aset atau properti guna mengetahui harga dan lokasi penjual.

30. Mahar

Istilah dalam grup jual beli yang terakhir adalah Mahar, di mana memiliki arti bahwa patokan harga dari suatu barang yang dijual secara online. Bisa juga, berarti harga ditawarkan atau diminta oleh penjual sebagai penentu awal dan dapat ditawar oleh calon pembeli.

Akhir Kata

Itulah beberapa istilah dalam grup jual beli dan artinya dari tim Namagrup. Setelah mengetahui beberapa istilah di atas semoga kalian bisa ikut berinteraksi dengan anggota forum jual beli platform mana pun tanpa bingung memikirkan artinya.

Bagikan:

Bayu Darsono

Lulusan S1 STMIK Amikom Yogyakarta yang sudah berpengalaman menulis dalam dunia Blogger selama 3 tahun. Sekarang aktif menulis di website namagrup.com serta mengikuti trend penggunaan istilah di dunia sosial media.