40 Istilah di Dalam Alfamart Lengkap Dengan Fungsi dan Artinya

Istilah di Dalam Alfamart
Toko Alfamart, Source: gobiz.co.id

Istilah di Dalam Alfamart – Istilah di dalam Alfamart memang menjadi suatu hal yang perlu diketahui oleh calon karyawan ataupun pekerja pada industri retail ini. Untuk istilahnya sebagian besar berasal dari bahasa Inggris

Sama halnya arti status pengiriman Wahana, adapun beberapa istilah di dalam Alfamart yang menggunakan kosakata bahasa Indonesia. Seperti salah satu contohnya adalah inventaris di mana diartikan sebagai sebuah daftar lengkap barang di toko.

Namun sebaiknya kalian memahami berbagai macam istilah di dalam Alfamart secara menyeluruh. Mengingat banyak peristilahan di mana seringkali diterapkan pada aktivitas penjualan.

Oleh karena itu kami telah merangkum sejumlah istilah di dalam Alfamart, baik dari bahasa Inggris maupun Indonesia. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai peristilahan tersebut, silakan simak ulasan berikut ini.

Istilah di Dalam Alfamart

Istilah dan Fungsi di Dalam Alfamart
Source: katadata.co.id

Sama seperti pekerja industri tekstil yang harus mengetahui istilah dalam QC garment, karyawan toko Alfamart pun juga demikian. Pasalnya pihak toko ini mengharuskan pekerjanya berhubungan secara langsung dengan berbagai kegiatan penjualan.

Di dalam aktivitas penjualan Alfamart ini, terdapat sejumlah istilah di mana setiap harinya seringkali digunakan. Namun pada dasarnya beberapa sebutan tersebut juga dapat merujuk pada kegiatan seperti penyimpanan stok maupun menghitung jumlah barang di toko.

1. Promotion Period

Istilah di dalam Alfamart pertama yaitu ada promotion period. Artinya adalah waktu untuk produk ditawarkan dengan harga diskon maupun promosi. Promotion period berguna mendorong penjualan selama beberapa waktu serta bisa menarik pelanggan.

2. Store Layout

Store Layout di dalam Alfamart berarti sebuah rencana tata letak produk serta area toko. Adanya hal tersebut mampu membuat toko mudah dinavigasi hingga menarik konsumen guna menjelajah produk.

3. Mystery Shopper

Istilah mystery shopper di Alfamart artinya orang menyamar sebagai pelanggan untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan maupun pengalaman berbelanja. Fungsinya memberikan wawasan objektif terkait kualitas layanan.

4. Visual Merchandising

Visual merchandising adalah penataan produk maupun tampilan toko Alfamart agar meningkatkan daya tarik konsumen. Hal tersebut berfungsi meningkatkan pengalaman berbelanja menyenangkan bagi pembeli.

5. Cosumer Behavior

Consumer behavior di dalam Alfamart memiliki arti studi mengenai tindakan konsumen, preferensi hingga keputusan pembelian. Istilah ini membantu merancang strategi penjualan ataupun promosi.

6. Private Label

Istilah private label bisa diartikan sebagai sebuah merek produk di mana dimiliki oleh perusahaan retail. Adanya label tersebut akan memberikan alternatif produk lebih terjangkau serta berbeda.

7. Replanishment

Replanishment artinya proses mengisi ulang stok produk sold out. Adanya hal itu berfungsi guna memastikan barang selalu tersedia bagi konsumen.

8. Display Atraktif

Istilah display atraktif di Alfamart sebenarnya memiliki arti penempatan barang dengan cara menarik agar meningkatkan daya tarik ataupun penjualan. Dengan begitu akan membantu produk menonjol hingga menarik perhatian konsumen.

9. New Code (Kode Baru)

Istilah New code pada Alfamart merujuk sebagai sebuah kode baru di mana dimasukkan dalam sistem. Kode baru berfungsi melakukan pengelolaan terhadap barang baru hingga mengidentifikasi perubahan dalam inventaris.

10. SKU (Stock Keeping Unit)

Istilah SKU di Alfamart merupakan sebuah kode unik digunakan untuk mengidentifikasi produk toko. Dengan adanya stock keeping unit akan memudahkan pelacakan ataupun manajemen persediaan.

11. Lead Time

Lead time merupakan kebutuhan waktu dalam memesan serta menerima barang dari pemasok. Berfungsi juga sebagai perencanaan stok hingga pengiriman produk.

12. Display

Istilah display digunakan di Alfamart untuk cara penempatan atau dipamerkan sebuah produk di dalam toko. Dengan menggunakan display, maka besar kemungkinan mampu menarik perhatian konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan.

13. Planogram

Planogram adalah rencana tata letak produk di rak sesuai analisis terhadap penjualan. Istilah tersebut berfungsi meningkatkan penempatan barang di mana dianggap paling menguntungkan.

14. Stock Opname

Stock opname kerap diartikan pada sebuah proses menghitung serta melakukan verifikasi jumlah persediaan barang di toko. Adanya stock opname berguna agar memastikan keakuratan data stok maupun identifikasi kekurangan atau kelebihan persediaan.

15. Safety Stock

Istilah safety stock di Alfamart artinya yaitu jumlah stok tambahan sudah disimpan guna mengantisipasi terjadinya fluktuasi pada permintaan. Ketika melakuakan penerapan pada istilah tersebut, maka toko akan terhindar kekurangan stok saat permintaan sewaktu-waktu meningkat.

16. Sales Report

Kemudian ada istilah sales report Alfamart berarti laporan pencatatan jumlah penjualan harian maupun mingguan. Menerapkan hal tersebut dapat memberikan wawasan luas terkait penjualan toko dalam beberapa waktu.

17. Tag Harga

Bagi beberapa orang mungkin sudah mengetahui istilah tag harga adalah sebuah label menampilkan besaran harga barang. Menggunakan tag ini akan memberi informasi total harga kepada konsumen serta membantu proses pembayaran.

18. First Expired, First Out (FEFO)

Istilah FEFO di Alfamart merupakan metode manajemen persediaan di mana barang mendekati tanggal expired sehingga perlu dijual terlebih dahulu. Fungsi utamanya menghindari penjualan produk sudah kedaluwarsa.

19. First In, First Out (FIFO)

FIFO di dalam Alfamart adalah cara pengelolaan barang masuk pertama kali harus dijual awal. Hal ini bertujuan mencegah adanya produk expired maupun rusak lantaran tersimpan terlalu lama.

20. Backmesh Rack

Istilah backmesh rack di Alfamart bisa diartikan sebagai rak dengan bagian belakang terbuat dari besi berlubang (wiremesh). Fungsinya yakni mengatur barang serta menjaga agar rak tetap dalam keadaan rapi maupun bersih.

21. Facing Out

Facing out adalah penyusunan barang sedemikian rupa agar label harga serta merek terlihat lebih jelas. Istilah tersebut memiliki fungsi membantu konsumen menemukan barang dengan mudah.

22. Out of Stock

Out of Stock di Alfamart artinya yaitu kondisi barang di toko sedang kosong. Umumnya pihak retail akan memberitahukan kepada konsumennya dengan istilah tersebut agar menghindari kehilangan penjualan.

23. Perishable Items

Istilah perishable items sebutan pada barang mudah rusak atau umur simpannya pendek, seperti makanan segar. Adanya istilah tersebut mampu memonitor maupun mengelola stok produk ini guna menghindari terjadinya pemborosan.

24. Price Tag

Price tag di Alfamart diartikan jadi sebuah label harga di mana ditempatkan dekat produk. Fungsinya memberi informasi harga kepada konsumen sehingga dapat dijadikan sebagai acuan pembelian.

25. Gross Margin (Margin Keuntungan Bruto)

Istilah gross margin merupakan selisih antara biaya produksi barang dengan harga jual. Istilah tersebut di Alfamart berfungsi menilai profitabilitas produk serta toko secara menyeluruh.

26. Shelf Space

Shelf space memiliki arti ruang pada rak di mana dipakai guna menampilkan produk. Kemudian juga menyediakan tempat secara rapi sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

27. Inventaris

Inventaris merupakan daftar lengkap barang atau produk di toko. Dengan adanya istilah tersebut di Alfamart bisa berguna untuk memonitor stok, mengatur pengisian ulang serta menghindari kekurangan persediaan.

28. Cashier

Istilah cashier di Alfamart juga dapat diartikan sebagai karyawan kasir di mana bertugas menerima pembayaran dari konsumen. Lalu memproses transaksi pembayaran dengan lebih akurat serta efisien.

29. SPB (Sales Promotion Boy)/SPG (Sales Promotion Girl)

SPB/SPG merupakan istilah bagi karyawan Alfamart di mana bertugas mempromosikan produk serta membantu konsumen. Adanya pekerja ini memiliki fungsi membantu dalam meningkatkan penjualan secara efektif melalui promosi.

30. Chief of Store

Chief of Store (COS) dalam Alfamart adalah sebuah posisi dengan jabatan kepala toko. Pekerjaan tersebut bertanggung jawab dalam memimpin maupun mengelola berbagai aspek operasional toko, terutama manajemen staf, penjualan hingga inventaris.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan secara menyeluruh mengenai berbagai istilah di dalam Alfamart. Berdasarkan penjelasan di atas, sebutan tersebut juga biasa digunakan pada kegiatan pencatatan atau penyimpanan barang. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian di mana ingin bekerja di Alfamart.

Bagikan:

Giring Rukaman

Masih menempuh pendidikan S1 Teknologi Informatika di Universitas Jendral Soedirman. Di sela-sela aktifitas saya menulis panduan sosial media serta daftar link grup whatsapp, telegram yang banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia.