50 Arti Status Pengiriman Wahana Terbaru dan Terlengkap 2024

Arti Status Pengiriman Wahana
Arti Status Pengiriman Wahana, Source Image: Wahana

Arti Status Pengiriman Wahana – Tak sedikit orang dibuat bingung dengan kode maupun istilah dalam dunia ekspedisi. Begitu juga pelanggan Wahana Express, belakangan ini banyak yang menanyakan arti status pengiriman ketika melakukan pelacakan barang.

Berbagai macam arti status pengiriman barang di Wahana Express, mulai dari pick up hingga terkirim. Namun, tidak semua keterangan tersebut tertulis dengan jelas sehingga membingungkan pelanggan baru.

Pada dasarnya arti status pengiriman Wahana dibuat untuk memudahkan pelanggan memantau keberadaan barang. Apabila terjadi sesuatu dengan paket, maka secara otomatis bisa menjadi bukti klaim asuransi.

Misalnya seperti terjadi kerusakan, kehilangan maupun keterlambatan pengiriman, maka keterangan cek resi akan menjelaskan secara detail. Apabila bila sobat penasaran apa saja arti status pengiriman Wahana, langsung saja simak pembahasan berikut.

Arti Status Pengiriman Wahana Terbaru

Arti Status Pengiriman Wahana Terbaru
Source Image: Mediakonsumen

Status pengiriman Wahana yakni informasi yang akan diterima pelanggan guna mengidentifikasi riwayat pengiriman paket. Tidak hanya sekadar informasi pengiriman, ada juga keterangan terkait laju identitas pengantar, kendala pengiriman hingga lokasi barang.

Oleh karena itu, penting bagi pelanggan Wahana Express mengerti akan istilah pengiriman paket tersebut. Arti status pengiriman paket Wahana di antaranya:

1. Diterima di Sales Counter

Arti status pengiriman Wahana Express yang pertama adalah diterima di sales Counter. Artinya paket sobat berada pada kantor agen terdekat dan siap untuk diproses pengiriman ke alamat tujuan.

2. Diterima di Fasilitas Wahana

Selanjutnya diterima di fasilitas Wahana, artinya paket sudah berada di fasilitas penyimpanan atau gudang miliki ekspedisi. Biasanya penyimpanan dekat dengan lokasi asal pengiriman.

3. Di Pick Up Oleh Petugas

Di pick up oleh petugas arti status pengiriman ini adalah paket sudah berhasil di pick up atau dijemput oleh petugas. Di mana, nantinya barang akan dikirimkan ke gudang maupun agen penyimpanan terdekat.

4. Diwakilkan

Arti dari status pengiriman diwakilkan adalah paket sudah diterima oleh orang lain. Biasanya dengan cara diwakilkan orang rumah atau tetangga nantinya namanya akan muncul ketika melakukan cek resi.

5. Penerima Langsung

Arti status pengiriman Wahana berikutnya adalah penerima langsung, di mana barang sudah diterima oleh orang yang sesuai pada keterangan paket. Dengan begitu, ketika cek resi akan muncul secara otomatis nama penerima tanpa diwakilkan.

6. Address Not Complete

Status address not complete, jarang sekali ditemukan apabila menuliskan alamat asal dan tujuan dengan benar. Namun apabila terjadi, keterangan tersebut memiliki arti bahwa alamat tidak lengkap ataupun kesalahan petugas ketika menginput.

7. Proses Penjadwalan Ulang

Proses penjadwalan ulang artinya barang tidak berhasil diantar karena terjadi kendala tertentu. Biasanya akan dijadwalkan untuk pengiriman keesokan harinya oleh petugas Wahana.

8. Dalam Proses Manifest

Arti status pengiriman Wahana lainnya adalah dalam proses manifest, di mana paket berhasil sampai ke agen terdekat. Kemudian, menunggu proses pengiriman ke kota tujuan.

9. Data Tidak Ditemukan

Ketika sobat cek resi Wahana Express, melihat status pengiriman data tidak ditemukan. Penyebabnya adalah data pengirim maupun penerima sudah diinput pada sistem, namun tidak ditemukan secara detail.

10. Destination

Destination status pengiriman yang berarti paket sudah tiba di kota tujuan. Namun, barang sedang dalam masa sortir maupun input data pada agen terdekat alamat penerima.

11. Diterima Oleh

Arti status pengiriman diterima oleh, biasanya akan disertakan dengan keterangan nama penerima langsung maupun wakil. Jadi keterangan tersebut nantinya akan muncul pada saat cek resi antara penerima langsung maupun diwakilkan dengan nama lengkap.

12. Fasilitas

Apabila saat cek resi menemukan status pengiriman fasilitas, dapat dipastikan barang sudah berada pada gudang maupun tempat penyimpanan Wahana. Sehingga, sobat tidak perlu khawatir nantinya keterangan akan diupdate keesokan harinya untuk proses pengiriman selanjutnya.

13. Gagal Terkirim

Gagal terkirim adalah status pengiriman Wahana Express yang harus segera ditindak lanjut. Karena, paket tidak terkirim biasanya terjadi kerusakan maupun kehilangan. Dengan begitu, sebaiknya sobat langsung saja menghubungi customer service Wahana.

14. HUB

Arti HUB dalam ekspedisi adalah gudang transit. Dengan begitu, paket diinformasikan telah diterima oleh HUB pengiriman ketika sudah sampai ke tempat penyimpanan untuk proses selanjutnya.

15. In Process

Status pengiriman in process artinya barang sedang dalam perjalanan ke kota tujuan. Nantinya keterangan ini, akan diupdate sudah sampai di HUB ataupun agen Wahana terdekat dari alamat penerima.

16. Lead Time

Arti lead time dalam dunia ekspedisi adalah estimasi waktu barang dari tangan pengirim sampai ke penerima. Keterangan tersebut muncul di samping status pengiriman barang saat cek resi.

17. Pelaksana Kiriman

Pelaksana kiriman yakni nama kurir Wahana Express yang tercantum saat melakukan pelacakan. Tidak hanya nama, namun identitas lain seperti nomor telepon juga akan tercantum. Sehingga, sobat dapat menghubungi kurir tersebut ketika barang belum sampai pada estimasi waktu.

18. Pengiriman Dari Gudang ke HUB

Arti status pengiriman dari gudang ke hub adalah pengantaran barang dari tangan pengirim ke tempat penyimpanan. Di mana, nantinya paket akan di data untuk bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya.

19. Origin

Arti dari origin ketika sobat mengecek status pengiriman barang Wahana Express adalah kota asal atau alamat pengirim. Di mana, tertulis secara lengkap sesuai apa yang sudah ditulis oleh pengirim saat mengirimkan paket.

20. Proses Pengantaran Oleh Kurir

Proses pengantaran oleh kurir artinya paket sudah dibawa oleh pengantar Wahana Express ke alamat tujuan. Apabila barang lama tak kunjung datang ke rumah, ada baiknya sobat menghubungi kurir dengan nomor telepon yang tertera saaat cek resi.

21. Retur

Jika status pengiriman kiriman retur, maka dapat pastikan barang akan dikirim kembali atau retur kepada pengirim. Biasanya hal ini terjadi karena penulisan alamat penerima yang kurang lengkap atau informasi lainnya.

22. Alamat Tidak Lengkap

Alamat tidak lengkap, sehingga paket akan ditahan pada gudang penyimpanan, transit atau agen. Apabila terjadi masalah ini, sebaiknya sobat menuju agen dan menanyakan keberadaan barang.

23. Receive Date

Receive date adalah tanggal dan waktu barang diterima oleh penerima. Keterangan ini biasanya dibutuhkan oleh reseller, untuk memastikan bahwa barang sudah sampai ke tangan pembeli.

24. Receiver

Arti receiver adalah penerima, di mana muncul keterangan secara lengkap saat melakukan pelacakan barang di website Wahana Express.

25. Receiver Family

Receiver family muncul ketika cek resi artinya adalah penerima paket merupakan anggota keluarganya. Sehingga, akan tertulis nama lengkap serta keterangan diwakilkan.

26. Pengiriman Dari Pusat ke HUB

Arti status pengiriman ini adalah proses kirim dari gudang pusat menuju lokasi tujuan. Barang dapat diantar ke HUB utama daerah tujuan guna dilanjutkan pengantaran ke alamat langsung.

27. Berhasil Diverifikasi

Setelah sobat melakukan pendataan pada agen maupun cabang Wahana Express. Nantinya akan muncul status pengiriman berhasil diverifikasi, artinya barang dapat dilanjutkan ke proses kirim selanjutnya.

28. WPL

Mungkin beberapa dari sobat Namagrup bingung ketika membaca singkatan WPL. WPL memiliki arti WAhana Prestatsi Logistik, di mana biasanya sering ditemukan pada saat pelacak barang.

29. Selesai Proses Klaim

Status pengiriman yang akan ditemukan ketika sobat melakukan klaim garansi. Petugas akan mengupdate secara langsung dengan keterangan selesai proses klaim.

30. Nomor Resi

Nomor resi adalah kode yang mengidentifikasi barang kiriman, berjumlah delapan kolaborasi antara angka dan huruf. Memudahkan saat pelacakan melalui website karena adanya kode tersebut.

31. Service

Service adalah layanan yang digunakan oleh pengirim untuk mengirimkan barang menggunakan Wahana Express. Layanan terdiri dari Kargo, Pop Box, Next Day, Express, Siangapore, Ekonomis, Apartemen dan Gedung.

32. Pengirim

Informasi orang yang mengirimkan paket menggunakan salah satu layanan Wahana. Identitas tersebut terdiri dari nama, alamat hingga nomor telepon aktif.

33. Status Terakhir

Status terakhir memiliki arti riwayat pengiriman terakhir barang Wahana Express. Tertulis nama penerima secara lengkap, waktu diterima dan keterangan penerima langsung atau diwakilkan.

34. Sortir

Sorti memiliki arti proses pengelompokan paket berdasarkan jenis layanan serta wilayah tujuan. Dilakukan saat barang masuk ke gudang maupun fasilitas penyimpanan sementara seperti agen.

35. Transit

Arti status pengiriman transit ialah barang sudah berada pada gudang transit Wahana Express. Sementara waktu paket akan diproses dan akan disortir kembali untuk dikirimkan berdasarkan jarak dan alamat penghiriman.

36. Proses Pengantaran

Proses Pengantaran adalah status pengiriman yang biasanya terbagi menjadi beberapa keterangan. Mulai dari pengantaran dari kota A ke B ataupun kurir. Di mana status tersebut memiliki arti banyak bergantung pada keterangannya.

37. Belum Terkirim

Belum terkirim adalah status pengiriman Wahana, yang menginformasikan paket belum tidak dapat diantarkan ke alamat penerima. Alasannya bisa lewat jam operasional atau petugas kurir tidak tersedia.

38. Pickup Date

Pickup date artinya tanggal dan waktu ketika barang dijemput oleh petugas Wahana Express di alamat pengirim. Selanjutnya akan dikirimkan ke gudang transit atau fasilitas penyimpanan sementara.

Akhir Kata

Itulah beberapa arti status pengiriman Wahana Express yang perlu diketahui. Karena dengan adanya pembahasan di atas nantinya, sobat Namagrup tidak kebingungan ketika melihat keterangan tersebut saat cek resi.

Bagikan:

Bayu Darsono

Lulusan S1 STMIK Amikom Yogyakarta yang sudah berpengalaman menulis dalam dunia Blogger selama 3 tahun. Sekarang aktif menulis di website namagrup.com serta mengikuti trend penggunaan istilah di dunia sosial media.