Apa Itu Highlight Instagram? Pengertian, Batas, Fungsi & Tips

Apa Itu Highlight Instagram

Apa Itu Highlight Instagram – Tak sedikit pengguna baru Instagram ingin mengetahui apa itu highlight, pasalnya fitur ini kerap dijumpai pada profil akun IG artis atau selebgram. Nyatanya fasilitas tersebut bisa digunakan oleh pengguna baru sekalipun.

Kalian bisa menggunakan sorotan IG untuk membuat tampilan profil lebih hidup, di mana hal ini akan menarik banyak pengunjung. Sehingga pengguna perlu mencoba cara membuat highlight Instagram.

Namun sebelum mencoba membuatnya, sebaiknya pahamilah terlebih dahulu pengertian apa itu highlight Instagram. Dengan memahami pengertiannya, maka akan lebih mudah menggunakan fitur IG tersebut.

Sebenarnya highlight dalam bahasa Indonesia berarti sorotan, tetapi artinya bukan hanya itu saja. Penjelasan mengenai pengertian apa itu highlight Instagram ada di bawah ini.

Apa Itu Highlight Instagram?

Apa itu highlight seringkali ditanyakan oleh banyak pengguna Instagram. Bagaimana tidak, fitur tersebut bisa membuat profil IG semakin tampak kekinian serta aesthetic. Hal itu menjadi alasan utama mengapa pengguna ingin mengetahui apa itu sorotan pada Instagram.

Highlight IG adalah fitur untuk menampilkan stories di halaman utama profil akun. Sebelum adanya sorotan, stories di medsos tersebut ditampilkan dalam waktu 24 jam. Apabila dilihat dari sudut pandang pemasaran, durasi 24 jam pastinya terlalu singkat guna mencapai target yang diinginkan.

Dengan demikian pihak Instagram merilis fitur baru bernama highlight. Adanya sorotan memungkinkan pengguna untuk menyorot stories lalu mengemasnya ke dalam kategori. Perhatikan contoh highlight IG berikut ini.

Contoh Highlight IG

Gambar di atas menunjukkan dapat melihat bagaimana halaman profil menampilkan beberapa ikon berbentuk bulat bersampingan di bawah bio. Ikon itu disebut sebagai highlight IG. Setiap fitur tersebut terdapat kumpulan stories, di mana akan tampil otomatis jika menekan ikonnya.

Batas Highlight di Instagram

Perlu diketahui bahwa terdapat batasan dalam membuat sorotan IG. Jadi bagi pengguna ketika memasukkan foto highlight Instagram maksimal hingga 100 foto dan video. Apabila melebihi batas tersebut maka secara otomatis file urutan pertama yang sudah di upload akan keluar dan masuk kembali ke arsip stories.

Pastinya sudah tidak bisa dimasukkan ke dalam highlight IG, kecuali jika pengguna membuat sorotan baru. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengguna dapat membuat banyak highlight. Namun batas maksimal dari satu sorotan adalah 100 foto ataupun video.

Fungsi Fitur Highlight Instagram

Highlight adalah koleksi dari Instagram stories yang bisa dianggap seperti album foto. Pengguna dapat menyimpankan cerita ke sorotan agar tidak hilang dalam waktu 24 jam dan tetap bisa dilihat oleh pengikut. Fitur tersebut tentunya menguntungkan dan memudahkan pengguna.

Namun tak hanya itu saja kegunaan sorotan Instagram, masih ada beberapa fungsi lain yang jarang diketahui oleh orang-orang. Lantas apa saja fungsi highlight Instagram? di antaranya:

1. Lebih Dekat dengan Pengunjung

Fungsi highlight IG yang pertama adalah bisa membuat kalian dekat dengan pengunjung. Melalui sorotan, pengguna dapat menjalin interaksi lebih intens dengan konsumen. Misalnya, seseorang merekam proses produksi yang menampilkan saat staff bekerja. Secara psikologis, konten itu mampu mendekatkan pemilik akun dengan visitor.

2. Memudahkan Pengunjung

Keberadaan dari highlight IG memudahkan pengunjung untuk melakukan navigasi. Terkadang visitor mengunjungi halaman profil guna mencari informasi apa saja yang ingin diketahui. Apabila menggunakan feed akan mempersulit visitor karena harus melakukan scroll.

Untuk itu menggunakan highlight adalah salah satu cara mempermudah pengunjung. Pada dasarnya sorotan terbagi menjadi beberapa kategori. Pengguna bisa langsung memilih kategori highlight IG sesuai informasi apa yang dibutuhkan. Sebagai contoh, sorotan Contact Person memudahkan pengguna ketika mencari kontak bisnis yang bisa dihubungi.

3. Mendukung Branding

Highlight Instagram bisa digunakan untuk mendukung branding suatu produk. Melalui sorotan IG, dapat menampilkan citra perusahaan secara lebih luas. Highlight dapat berisi budaya perusahaam aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR), prestasi, riwayat kerja sama dengan perusahaan besar dan masih banyak lagi.

Kategori akan memudahkan pengguna saat menyusun berbagai tipe stories. Berkaitan dengan branding, kalian dapat mengumpulkan stories tertentu ke satu kategori guna memperkenalkan perusahaan. Sebagai contoh, sorotan behind the scene menginformasikan operasional bisnis.

4. Meningkatkan Traffic

Fungsi highlight Instagram dapat meningkatkan traffic website. Salah satu fiturnya yaitu Call to Action (CTA) bisa kalian tambahkan ke IG stories untuk menaikkan traffic web. Fitur itu memiliki kegunaan guna mengajak pengunjung agar mau mencari tahu tentang suatu informasi apa yang dicari menggunakan cara swipe up.

Setelah melakukan swipe up, maka pengguna akan di arahkan pada laman website tertentu. Dengan demikian kalian bisa membuat stories menggunakan CTA swipe up berisi tautan ke website. Apabila IG kalian sudah memiliki ribuan pengikut, bukankah itu berarti ada ribuan calon visitor bisa kalian ajak.

5. Mengatur Kategori Snapgram

Fungsi highlight IG lainnya yaitu mengatur kategori pemberian informasi. Singkatnya kalian berkesempatan merapikan stories ke dalam kategori. Penentuan jumlah serta ide nama highlight Instagram sepenuhnya berada di tangan pemilik.

Keleluasaan itu bisa mengatur halaman profil Instagram agar dapat mendukung kebutuhan bisnis. Misalnya, kalian membuat kategori Produk guna menampilkan stories tentang produk. Selanjutnya kategori Testimoni digunakan untuk meyakinkan prospek dengan pengalaman menyenangkan dari konsumen.

6. Memberi Kesan Pertama

Highlight IG akan memberikan kesan pertama bagi siapa saja ketika mengunjungi profil. Apabila hanya mengandalkan feed, maka bisa saja membuat pengunjung bingung. Sehingga hal itu akan menyebabkan pengguna harus melakukan scroll untuk mencari informasi apa yang dibutuhkan.

Sorotan terletak di bawah bio, tepat di atas bagian feed. Apa hal itu dapat membuat pengguna semakin tertarik? Tentu saja karena letak highlight cukup strategis. Daripada harus scroll feed, di mana berisi ratusan hingga ribuan post akan lebih efisien jika hanya perlu swipe storie. Alhasil kesan pertama pengunjung lebih positif.

7. Durasi Stories Tidak Dibatasi

Adanya highlight Instagram membuat durasi stories menjadi tak terbatas. Umumnya snapgram hanya bertahan selama 24 jam saja. Apabila kalian menggunakan stories guna melakukan promosi, tentunya dalam jangka waktu tersebut lebih sulit menjangkau prospek.

Dengan demikian kalian perlu mengemas highlight IG seperti promosi, tanya jawab ataupun jadwal event ke dalam sorotan. Berkat adanya sorotan, pengunjung dapat sewaktu-waktu mengakses highlight kalian dan informasi penting terkait bisnis yang selalu tersedia pada halaman profil.

Tips Membuat Highlight IG Lebih Rapi

Supaya tampilannya tajam, video untuk highlight Instagram harus memiliki frame rate minimal 30 FPS (frame per detik). Sementara itu ukuran resolusinya minimal 720 piksel. Hal tersebut cukup penting dilakukan karena Instagram juga mengkompresi foto atau video yang diunggah.

Apabila foto atau video atau foto blur saat diunggah ke story Instagram maka akan menjadi masalah teknis yang mengganggu penggunanya. Medsos tersebut mempunyai sistem kompresi tersendiri. Supaya terhindar dari kendala tersebut, kalian perlu memahami tips membuat highlight IG.

1. Menggunakan Foto Sampul Menarik

Gambar sampul merupakan tampilan yang menampilkan highlight pada bagian atas profil akun. Disarankan memilih gambar menarik, berkualitas dan relevan guna meningkatkan daya tarik dari visitor.

Pastikan menggunakan gambar sesuai tema highlight IG. Menampilkan gambar sampul menarik serta berkualitas tentunya membuat profil kalian terlihat profesional, lalu mengundang minat pengguna Instagram untuk melihatnya.

2. Rutin Memperbarui Highlight

Guna menarik minat follower, pastikan kalian rutin memperbarui highlight IG. Tambahkan stories relevan ke sorotan atau dapat membuat konten baru lainnya. Hal itu akan membantu memastikan highlight tetap menampilkan konten terbaru dan menarik banyak pengikut.

Misalnya, ketika membuka bisnis kuliner maka bisa memperbarui highlight dengan menambahkan beberapa resep baru, menu atau ulasan restoran. Hal ini akan menjaga visitor tetap tertarik dengan konten terkini.

3. Melakukan Promosi

Tak perlu ragu mempromosikan highlight di cerita atau postingan utama. Berikan alasan pada pengikut agar melihat sorotan serta konten menarik di dalamnya. Selain itu juga dapat menggunakan fitur tag atau stiker di Instagram stories guna mengarahkan pengunjung ke highlight yang ingin dipromosikan.

Apa ada pengaruh mempromosikan highlight? Tentu saja, promosi secara rutin akan meningkatkan visibilitas konten lalu mengundang lebih banyak orang yang ingin berkunjung ke profil IG.

4. Mengatur Kategori

Pastikan saat mengatur kategori highlight IG sesuai dengan urutan. Misalnya, jika kalian memiliki bisnis jual beli pakaian, maka buatlah judul sorotan Pakaian Pria, Pakaian Wanita dan Aksesoris. Atur pengurutan highlight agar mudah dipahami oleh pengunjung.

5. Memilih Nama Menarik

Ketika membuat highlight baru di Instagram, pilihlah nama yang menarik. Hal itu membuat pengguna IG tertarik guna melihat sorotan tersebut. Penggunaan nama yang jelas, singkat serta menggambarkan isi dari highlight akan membuat pengikut tertarik mengunjungi.

6. Menggunakan Fitur Arsip

Apabila ingin menghapus sorotan di profil sementara, pengguna dapat menggunakan fitur arsip Instagram. Fitur tersebut memungkinkan untuk menyembunyikan cerita dengan disimpan sementara waktu tanpa harus menghapus secara permanen. Kalian bisa mengakses stories melalui arsip, tetapi tidak akan terlihat di profil atau highlight.

Menggunakan arsip di Instagram, maka akan dapat menyimpan cerita yang ingin dihapus untuk sementara tanpa perlu kehilangan konten. Fitur tersebut berguna ketika ingin menjaga profil tetap terlihat rapi dan terorganisir.

Akhir Kata

Mungkin itu saja penjelasan secara lengkap mengenai pengertian apa itu highlight Instagram. Setelah memahami informasi di atas, maka kalian bisa menerapkannya pada akun IG sendiri. Demikian pembahasan dari namagrup.com, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi pengguna Instagram.

Sumber Gambar: freepik.com, glorify.com

Bagikan:

Giring Rukaman

Masih menempuh pendidikan S1 Teknologi Informatika di Universitas Jendral Soedirman. Di sela-sela aktifitas saya menulis panduan sosial media serta daftar link grup whatsapp, telegram yang banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia.