7 Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup: Fungsi & Alasan

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup – Kembali lagi bersama kami, dimana pada pembahasan kali ini topik pembahasan akan fokus pada informasi seputar aplikasi pesan instan WhatsApp atau WA. Dimana, dengan menggunakan platform chatting populer tersebut kita semua dapat melakukan berbagai macam hal.

Mulai dari mengirimkan pesan berupa teks, foto, video maupun dokumen. Kemudian, kalian juga bisa membuat sebuah grup sesuai dengan kebutuhan maupun minat. Di dalam kelompok obrolan tersebut, semua pengguna juga dapat mengakses berbagai macam fitur.

Lebih tepatnya, pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan penjelasan perihal cara mematikan pesan sementara di WA grup. Barang kali terdapat beberapa diantara kalian sedang mencari informasi tersebut, karena tidak sedikit individu belum mengetahui langkah-langkah untuk mengakses fitur WhatsApp tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa fitur WhatsApp seperti ganti nomor tanpa keluar grup, membagikan tautan, dan topik pembahasan kali ini yaitu cara mematikan pesan sementara di WA grup. Maka, bagi kalian yang merupakan pemula bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Fungsi Fitur Pesan Sementara

Sebelum membahas cara mematikan pesan sementara di WA grup, adapun beberapa fungsi dari fitur tersebut dimana harus kalian pahami. Dengan keberadaan fasilitas tersebut, pihak developer berupaya agar pengguna tetap memiliki privasi yang tidak perlu disimpan permanen.

Kehadiran fitur tersebut, sebenarnya telah diperkenalkan WhatsApp ke publik sejak beberapa tahun lalu. Setiap pengguna yang mengaktifkan pesan sementara, baik dalam bentuk foto maupun video akan otomatis menghilang setelah dilihat anggota lain.

Artinya, developer WhatsApp memberikan kehendak terhadap semua pengguna agar mempunyai kendali penuh atas pesan yang dikirimkan ke obrolan pribadi, bahkan di WA grup itu sendiri. Adapun, fitur ini dapat diaktifkan berdasarkan waktu sesuai keinginan pemilik akun yaitu selama 24 jam hingga 90 hari.

Dengan demikian, privasi seorang pengguna akan terjaga secara optimal dimana setiap orang tidak mengorbankan informasinya agar tidak sampai ke individu yang belum bisa dipercaya. Mengapa? Lantaran, kategori pesan sementara dapat diambil maupun diteruskan dengan cara menangkap layar dan menyimpannya sebelum chat menghilang.

Cara Setting Pesan Hilang Otomatis

Berdasarkan fungsi pesan sementara di atas, mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui terkait cara setting agar chat hilang secara otomatis. Pasalnya, sudah kami jelaskan bahwa kegunaan utama fasilitas ini ialah agar pengguna menjaga privasi.

Apabila kalian mengaktifkan fitur tersebut, maka tidak hanya pesan dalam bentuk chat saja yang menghilang pada waktu tertentu. Hal ini juga sudah termasuk media seperti foto dan video, dimana semuanya dapat disimpan pada perangkat penerima sebelum menghilang. Berikut adalah cara settingnya:

  • Buka obrolan WhatsApp
  • Klik nama kontak, kemudian temukan menu Pesan Sementara
  • Gulir layar ke bagian bawah, lalu pilih Timer Pesan Default
  • Selanjutnya pilih durasi waktu pesan disimpan sesuai keinginan

Langkah-langkah di atas dapat kalian terapkan sesuai perangkat smartphone baik Android, iOS, dan PC. Dimana, perbedaan masing-masing device tidak signifikan. Sehingga tidak akan se rumit ketika membuat Polling di WhatsApp grup.

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup

Dengan mengetahui cara mematikan pesan sementara di WA grup, nantinya kalian tidak akan terhalang oleh batasan waktu atas chat kiriman teman, kerabat, maupun keluarga. Sehingga, setiap penerima tidak akan kehilangan teks tersebut.

Karena banyaknya alasan pengguna seperti menjaga privasi dan lain sebagainya, kalian diharapkan mengetahui cara mengaktifkan serta mengembalikan fitur pesan sementara di WA grup maupun obrolan personal. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mematikan timer chat.

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama, pastikan perangkat terhubung koneksi internet. Setelah tersambung langsung buka aplikasi WhatsApp.

2. Pilih Grup

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup Pilih Grup

Sesudah masuk pada halaman obrolan chat personal maupun kelompok, pilih grup yang sudah kalian atur sedemikian rupa dalam fasilitas tersebut.

3. Klik Subjek Grup

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup Klik Subjek

Langkah berikutnya, setelah masuk pada obrolan kelompok. Klik bagian subjek grup WA seperti gambar di atas.

4. Klik Bar Menu Pesan Sementara

Klik Bar Menu Pesan Sementara

Secara otomatis, kalian akan dialihkan pada pengaturan maupun informasi grup. Gulir layar ke bagian bawah sampai menemukan menu Enkripsi, tekan bar menu Pesan Sementara di bawahnya.

5. Status Fitur Pesan Sementara

Status Fitur Pesan Sementara

Selanjutnya, terdapat menu TIMER PESAN yang menampilkan status pesan sementara dimana sebelumnya sudah di aktifkan. Kalian dapat menggantinya pada opsi 24 Jam dan 7 hari.

6. Ubah Status Pesan Sementara

Ubah Status Pesan Sementara

Lalu, jika berniat mematikan pesan sementara di WA grup ubahlah TIMER PESAN dimana sebelumnya sudah terdapat tanda checklist. Klik Mati.

7. Selesai

Cara Mematikan Pesan Sementara di WA Grup Selesai

Kemudian, kembali pada halaman obrolan kelompok seperti gambar di atas. Apabila cara mematikan pesan sementara di WA grup sudah selesai, pastikan terdapat pemberitahuan di dalam ruang chatting itu sendiri.

Akhir Kata

Itulah penjelasan terkait fungsi dan beberapa langkah setting serta cara mematikan pesan sementara di WA grup dari Ide Nama Grup. Semoga informasi beserta langkah-langkah untuk menjaga privasi seperti pembahasan kami kali ini bermanfaat, nantikan ringkasan mengenai panduan lain pada kesempatan mendatang.

Sumber Gambar:

  • Tim Namagrup
  • Harapan Rakyat

Bagikan:

Fathur Kuncoro

Berkarir di dunia website sudah 4 tahun dan kini ingin mengisi artikel seputar ide nama grup di website namagrup.com Dimana website ini dibuat dengan teman-teman terdekat saya.