40 Istilah Dalam Golf Beserta Artinya yang Wajib Diketahui Pemula

Istilah Dalam Golf
Pemain Golf, Source: Istockphoto

Istilah Dalam Golf – Ada begitu banyak istilah dalam olahraga golf masih cukup jarang diketahui oleh pemula ataupun pemain lama. Beberapa istilahnya merujuk pada penyebutan teknik, aspek permainan, nama peralatan serta skor.

Bisa dibilang bahwa sebagian besar istilah dalam olahraga golf berasal dari bahasa Inggris. Seperti contohnya ada istilah pairing yang artinya mengacu pada cara penentuan pasangan pemain untuk suatu pertandingan atau turnamen.

Mungkin itu adalah salah satu contoh istilah dalam golf yang mudah untuk dipahami maupun diingat. Sebagai pemain olahraga tersebut pastinya perlu memahami peristilahan secara menyeluruh. Pasalnya dengan mengetahuinya maka membuat permainan menjadi semakin seru.

Oleh karena itu kami akan membagikan informasi mengenai berbagai istilah dalam golf dengan lebih mendetail. Untuk membahas terkait hal tersebut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Daftar Istilah Dalam Golf

Daftar Istilah Dalam Golf
Source: Istockphoto

Apabila ingin menjadi seorang pemain golf profesional tentunya tidak hanya membutuhkan keterampilan, skill ataupun modal besar. Namun dengan mengetahui seluruh istilah-istilah dalam olahraga tersebut adalah langkah awal guna mewujudkan pegolf handal.

Selain dapat menjadi pemain profesional, dengan mengetahui istilah dalam golf bisa membuat permainan semakin seru. Pasalnya hampir setiap pegolf berpengalaman kerap menyebutkan istilah-istilah di mana berasal dari bahasa Inggris.

1. Hole

Istilah hole dalam olahraga golf artinya adalah sebuah lubang. Umumnya istilah ini banyak dipergunakan saat bola golf dianggap masuk. Dalam satu round, akan terdiri dari sejumlah 18 hole.

2. Fairway Shot

Istilah seperti fairway shot bisa diartikan sebagai jenis pukulan dalam olahraga golf. Pukulan ini kerap menggunakan tenaga kuat karena posisi bola cukup jauh dari lubang. Melakukan fairway shot maka memerlukan stick golf jenis wedges.

3. Green Area

Green area yaitu sebuah zona di mana lubang serta bendera berada. Terdapat beberapa aturan untuk mencapai area di mana berdasarkan pada jenis permainannya. Sebagai contoh, saat sedang main par-4, maka pemain harus sampai menuju green dalam 2 pukulan.

4. Bunker Shoot

Kemudian ada istilah bunker shot, dalam olahraga golf berarti pukulan biasa dilakukan saat bola ada di atas bunker. Penggunaan stick golf untuk melakukan hit ini yaitu jenis wedges. Kekuatan pukulannya perlu disesuaikan berdasarkan jarak lubang terdekat.

5. Albatross

Kerap disebut sebagai double eagle. Albatros adalah istilah saat pemain sukses memasukkan bola ke dalam lubang pada pukulan kedua di permainan par-5. Adapun eagle sering terjadi di golf, yakni memasukkan bola di pukulan ke-3 di par-5.

6. Ace

Dikenal sebagai hole-in-one, ace merupakan salah satu skor terbaik dalam golf. Apabila seorang pemain mendapatkannya, maka dapat menulis nilai 1 di kartu. Dapat dikatakan bahwa seseorang cukup jarang melakukan ace, kerap kali pukulan akan terjadi pada par-3 atau par-4.

Terdapat peraturan tak tertulis, saat pemain memperoleh ace, maka setelah itu dirinya harus mentraktir minuman kepada temannya.

7. Mulligan

Mulligan istilah umum banyak digunakan oleh pemain golf pemula. Jadi ketika merasa kurang puas terhadap hasil pukulan, maka bisa melakukan re-hit. Apabila bermain bersama teman, biasanya diperbolehkan melakukan mulligan di lubang pertama.

8. Short-Sided

Short-side yaitu istilah pukulan mengarah ke pinggir dari area green di mana pin berada. Sebaiknya kalian menghindari guna memukul lantaran hit selanjutnya lebih sulit. Namun beberapa pemain baru mengalaminya. Meskipun begitu, tak jarang orang berpengalaman masih mengalami hal tersebut.

9. Pull/Push

Jika kalian adalah pemain di mana memakai tangan kanan serta hendak memukul ke arah kiri, tetapi mengarah lurus maka disebut sebagai istilah pull. Sebaliknya, bila menggunakan tangan kiri, lalu memukulnya ke kanan tapi bolanya mengarah lurus. Hal ini dapat disebut istilah push dalam golf.

10. Handicap

Handicap yakni rata-rata perhitungan hit selama 1 ronde. Misalnya, kalian mempunyai 10 handicap, maka harus memukulnya sebanyak 82 kali.

11. Scratch

Scratch adalah istilah dalam golf untuk pemain. Hampir seluruh pemain amatir berkeinginan menjadi scratch, hal ini berarti tidak memiliki handicap.

12. Slope

Slope yaitu istilah dalam golf guna mengukur tingkat kesulitan lapangan. Apabila menilik ke kartu nilai, maka dapat menentukan tingkat sulitnya berdasarkan slope serta jarak lapangannya. Istilah tersebut ditujukan guna menilai kesulitan secara rata-rata pemain golf amatiran.

13. Links

Kemudian ada links, istilah dalam golf ini dapat dipakai di berbagai cara. Istilah links golf kerap digunakan untuk lapangan tipe kuno seperti di Eropa. Umumnya datar serta area green lebih luas. Selain itu ada pula istilah hit the links, artinya main golf.

14. Bunker

Istilah bunker di golf seringkali diartikan sebagai jebakan pasir. Bunker dibuat guna menyulitkan pemain dalam memasukkan bola ke lobang. Ketika bola jatuh ke tempat tersebut, maka membutuhkan skill untuk mengeluarkannya. Ada 2 jenis bunker, greenside bunker serta fairway bunker.

15. Putt

Istilah putt dipakai jika bola ada di green serta menggunakan putter. Apabila memakai putter pada area fringe atau fairway, maka tidak akan dihitung sebagai putt.

16. Rough

Istilah rough memiliki arti sebagai area di lapangan golf mengelilingi fairway maupun green. Rumput di tempat tersebut memang cukup tinggi. Apabila bola jatuh ke dalam rough, nantinya hit berikutnya terasa lebih sulit. Tinggi rumputnya pun berbeda-beda di tiap lapangan golf. Dapat dikatakan bahwa tingginya akan merugikan, tetapi dapat menguntungkan juga.

17. Fringe

Istilah ini berarti kerah di mana mengelilingi area green. Rumput fringe memang cukup tinggi, tetapi lebih pendek dari rumput area rough. Di fringe, mudah meng-hit bola ke lubang, walau nilainya lebih tinggi green.

18. Fairway

Sering disebut sebagai short stuff, yakni area pendek antara tee box serta green. Fairway yaitu area yang banyak diinginkan pemain menjadi tempat mendaratnya bola ketika tea shot. Jika bola masuk di tempat ini, idealnya guna memasukkan ke dalam lubang lantaran rumputnya tidak panjang.

19. Tee Box

Tee box yaitu tempat pemain melakukan hit tee mengarah ke lubang. Pastikan guna meletakkan bola di belakang garis. Bila melebihi garisnya maka akan terkena one shot penalty

20. Fore

Istilah ini memang kerap digunakan dalam golf. Saat di lapangan biasanya orang berteriak Fore, artinya harus segera melindungi diri lantaran ada bola melayang ke arah pemain dari grup lain.

21. Caddie

Di dalam olahraga golf, caddie merupakan seseorang yang disewa guna membawakan peralatan serta memberi saran saat permainan sedang berlangsung. Caddie diharuskan memiliki pengetahuan maupun wawasan luas agar dapat membantu pemain.

22. PAR

PAR adalah hasil skor dalam permainan golf di mana telah sesuai berdasarkan aturan pada setiap lubang. Jadi setiap hole bola sudah terdapat PAR dengan nilai berbeda-beda. Misalnya pada lubang pertama ditetapkan bahwa bola dipukul sebanyak 4 kali. Apabila kalian dapat memukulnya sesuai permintaan itu, maka disebut PAR.

23. Driving Range

Driving range yakni tempat latihan memukul untuk mengetahui jarak pukulan dari mulai stik satu dengan stik selanjutnya. Bisa dibilang istilah dalam golf ini hampir sama seperti tempat belajar setir mobil. Driving range yang dipakai juga berbeda, biasanya ditentukan berdasarkan latihan mengarahkan atau mengayunkan.

24. Birdie

Istilah birdie pengertiannya hampir sama seperti PAR yakni skor dari setiap lubang. Namun nilainya di bawah PAR. Maka pemain pun dapat melakukan pemukulan bola hingga masuk ke hole mana pun hanya menggunakan 3 kali pukulan.

Hal itu berbeda pada PAR di mana memberikan kesempatan 4 kali. Meskipun begitu skor dari birdie terkadang lebih tinggi karena memiliki peluang lebih sedikit dibandingkan PAR.

25. Driver

Driver adalah istilah tipe stick digunakan saat pertama kali melakukan pukulan dari atas tee-shot. Fungsinya yakni agar mendapatkan jarak terjauh pada posisi awal setiap lubang menuju green hole. Apabila masih pemula, maka jarak 200 meter akan cukup memuaskan.

26. Gross/Net

Gross merupakan istilah dalam golf untuk akumulasi dari total pukulan pemain pada sebuah lubang setelah sebelumnya dikurangi nilai handicap-nya. Jadi dapat diartikan adalah nilai atau jumlah akhir semua akhir yang masuk ke dalam hole.

27. Iron

Iron yaitu salah satu jenis stick golf di mana seringkali digunakan oleh pemain. Ukurannya memang cukup bervariasi, terbagi menjadi jenis, berat, panjang hingga kegunaan. Umumnya stick golf iron nomor 4 hingga nomor 9 ditambah S serta P. Namun adapun merek dari bridgestone mulai dari 5 sampai nomor 9.

28. Bogey

Istilah bogey memang artinya tidak jauh berbeda dengan PAR, karena kerap digunakan bila pemain melakukan satu pukulan serta masuk di atas PAR sebuah lubang. Selain itu istilah tersebut memiliki nilai sendiri di mana harus diketahui penggemar olahraga golf.

Jadi sebelum mengikuti turnamen, alangkah baiknya mengetahui nilai bogey dalam pertandingan. Tujuannya yaitu guna menghitung yang didapatkan.

29. Putter

Putter yaitu istilah stick khusus guna memasukkan bola di area green hole. Alat tersebut seringkali dijadikan andalan pada akhir kesempatan di setiap lubang. Umumnya seluruh filling guna memfokuskan bola secara tepat ke hole hanya bisa dengan putter.

30. Putting Shot

Istilah putting shot memiliki arti pukulan di mana sulit dilakukan saat berada di zona green.

31. Tee Shot

Tee shot adalah sebuah istilah pukulan atau servis dalam olahraga golf di mana pertama kali dilakukan. Hit tersebut biasanya dilakukan di atas tee box. Supaya dapat memukul bola menggunakan teknik tee shot, maka perlu menggunakan jenis stick driver atau iron. Keduanya cocok dipakai guna pukulan bola jarak jauh.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan mengenai istilah dalam golf secara menyeluruh di mana dapat dipahami oleh pemula. Dengan mengetahui informasi di atas, maka dapat membuat permainan olahraga semakin terasa seru. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga bisa bermanfaat bagi penggemar golf.

Bagikan:

Giring Rukaman

Masih menempuh pendidikan S1 Teknologi Informatika di Universitas Jendral Soedirman. Di sela-sela aktifitas saya menulis panduan sosial media serta daftar link grup whatsapp, telegram yang banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia.