Mulfand Artinya, Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Tantangan

Mulfand Artinya
Mutifand, Source Image: Fimela

Mulfand Artinya – Jika berbicara soal mulfand atau multi fandom, kemungkinan sebagian masyarakat Indonesia tidak mengetahui artinya. Sebab, istilah tersebut lebih dikenal bagi fans boyband maupun girlband asal Korea.

Sebenarnya Mulfand artinya luas, tetapi entah mengapa di Indonesia lebih merujuk ke kalangan Kpopers. Padahal, sebutan itu bisa dibagi menjadi 2 kata yaitu multi dan fandom.

Kata fandom apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti keadaan seseorang yang menjadi penggemar sangat antusias. Sedangkan kata multi artinya bermacam-macam.

Dengan adanya definisi tersebut, mengapa mulfand artinya hanya diperuntukkan untuk fans Kpop saja. Agar lebih jelas mengenai pengertian multi fandom, silakan simak pembahasan berikut.

Pengertian Mulfand

Pengertian Mulfand
Source Image: The Star

Mulfand atau sering disebut multi fandom artinya orang yang menyukai lebih dari satu boyband maupun girlband asal Korea. Pengertian fandom sendiri menjadi faktor penting dalam hubungan antara penggemar dengan idolanya.

Fandom berasal dari kata bahasa Inggris Fan artinya audiens dan akhiran dom. Kata tersebut juga sering digunakan untuk menunjuk pada sub-kultur, berbagai hal dan kegiatan yang berkenaan dengan kegemarannya.

Banyak fans grup Kpop merasa lebih bebas saat berada di dalam fandom, ketimbang di luar mereka bingung mengekspresikan dirinya. Tak jarang sesama mulfand akrab saling berinteraksi berbagai pandangan melalui media sosial, tak terkecuali grup WhatsApp.

Secara garis besar multifand aritnya dalam bahasa inggris adalah satu persatu. Dari kata multi artinya beberapa atau berbagai macam, biasanya digunakan dalam permainan seperti menyebutkan multiplayer dan lainnya.

Di sisi lain fandom artinya komunitas bersifat resmi, dikaitkan dengan grup girlband atau boyband Korea. Contohnya EXO memiliki fandom bernama EXO-L, NCT fandomnya NCTZen dan Red Velvet bersama RedVeluv.

Tujuan Mulfand

Tujuan Mulfand
Source Image: Wego

Tidak hanya mencintai, adapula mulfand yang sampai tergila-gila dan kecanduan dengan idola Kpopnya. Seorang maupun kelompok mulfandom memiliki tujuan bermacam-macam.

Salah satu tujuan mulfand adalah untuk nobar konser salah satu boyband maupun girlband kesukaannya. Namun, ada juga kelompok multi fandom yang memang hanya sebagai wadah untuk mencari informasi terbaru terkait idolanya.

Selain itu, tujuan mulfand juga nantinya pada akhir tahun akan memberikan dukungan penuh. Di mana sang idola masuk ke dalam salah satu kategori award akhir tahun, nantinya seluruh anggota akan mendukung penuh kepada satu grup band.

Artinya walaupun memiliki idola 2, 3 hingga puluhan tujuan akhirnya adalah memberi dukungan penuh kepada salah satu dari grup tersebut. Agar nantinya, boyband maupun girlband yang disukai memenangkan award akhir tahun.

Manfaat Mulfand

Manfaat Mulfand
Source Image: Antarnews

Banyak manfaat yang dirasakan menjadi seorang mulfand, terlebih jika bergabung ke dalam sebuah grup media sosial. Misalnya Faceebok, Twitter, WhatsApp dan platform lainnya.

Meskipun nama grup kpop cukup banyak, namun di dalam komunitas tersebut selalu berusaha untuk menghindari pembahasan sensitif. Tujuannya agar terhindar dari pembicaraan yang menimbulkan konfilik dalam fandom, manfaat lain mulfand seperti:

  • Diskusi dalam upaya menyelesaikan permasalahan idola dengan menyatukan suara pengurus dan anggota.
  • Mencari sumber masalah yang timbul ketika membahas beberapa grup band.
  • Memberikan arahan kepada anggota bahwa mulfand semuanya tidak perlu saling sindir.
  • Berbagai pengetahuan serta pengembangan semua grup band.

Artinya menjadi mulfand tidak hanya memberikan manfaat kepada pengetahuan saja. Sobat juga bisa bergabung ke dalam sebuah komunitas, agar nantinya mengetahui perkembangan dari beberapa grup band yang disukai.

Tantangan Menjadi Mulfand

Tantangan Menjadi Mulfand
Source Image: CGTN

Meskipun memiliki banyak manfaat, menjadi seorang mulfand memiliki beberapa tantangan. Di mana mereka dianggap fans musiman, karena memiliki lebih dari satu fandom yang disukainya.

Artinya menjadi seorang mulfand memiliki tantangan tersendiri, dikarenakan masalah tersebut timbul dari beberapa fans grup lainnya. Tantangan menjadi seorang multifand di antaranya:

1. Sering Ejek Tidak Setia

Sudah bukan rahasia, jika fans Kpop sering membandingkan antara grup satu dengan lainnya. Sebab mereka meyakini bahwa idolanya lah yang terbaik, di lain sisi multifand tidak diuntungkan karena menganggap semuanya bagus.

Dari awal itulah, seorang mulfand sering dibilang tidak setia dan konsisten pada satu fandom saja. Artinya apabila sobat menjadi multi fandom, nantinya akan dibuat bingung ketika menjadi titik tengah pro dan kontra masalah tersebut.

2. Bingung Dalam Mendukung Fandom

Mulfand akan bingung dalam mendukung fandom, di mana biasanya di akhir tahun akan ada acara award untuk grup kpop. Di sinilah tantangan menjadi multifand akan di uji, karena harus memilih satu untuk beberapa grup band yang mereka cintai.

Tidak hanya itu, ketika beberapa grup band sobat mengadakan konser secara bersamaan di Indonesia. Tentu akan menjadi penghalang utama terhadap uang jajan yang tidak cukup, untuk membeli tiket semua idola sobat.

3. Berebut Bias Dengan Kpopers Lain

Semakin banyaknya grup band idola soba, tentu akan banyak bias di setiap komunitasnya. Artinya, ketika membahas Kpop sesama anggota tak jarang nantinya akan menimbulkan berebut bias.

Padahal masalah tersebut sepele, karena si bias atau idola sobat tidak tahu bahwa sedang diperebutkan oleh fansnya. Artinya, apabila terjadi permasalahan ini tidak perlu khawatir karena sebagai fans tentu akan merebutkan idolanya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai pengertian, tujuan, manfaat dan tantangan menjadi seorang mulfand. Kesimpulannya, mulfand artinya seorang fans kpop yang memiliki lebih dari satu idola atau fandom. Di mana, mereka saat ini dinilai sebagai pro dan kontra karena menyukai lebih dari satu grup band.

Bagikan:

Bayu Darsono

Lulusan S1 STMIK Amikom Yogyakarta yang sudah berpengalaman menulis dalam dunia Blogger selama 3 tahun. Sekarang aktif menulis di website namagrup.com serta mengikuti trend penggunaan istilah di dunia sosial media.